Logo Bloomberg Technoz

10 Grup Logam & Tambang Minerba RI Berpendapatan Terbesar

Wike Dita Herlinda
06 October 2023 12:00

Aktifitas tambang Bayan Group. Dok. Bayan Resources
Aktifitas tambang Bayan Group. Dok. Bayan Resources

Bloomberg Technoz, Jakarta – Tidak dapat dimungkiri, Indonesia merupakan salah satu penghasil mineral dan batu bara (minerba) terbesar di dunia.

Pemerintah dalam beberapa tahun belakangan pun makin fokus menggenjot penghiliran sektor pertambangan nonmigas; dengan melarang ekspor mineral mentah, memacu investasi smelter, hingga mendorong pembangunan industri hilir penyerap produk manufaktur logam.

Presiden Jokowi pun sebelumnya mengatakan upaya penghiliran akan diperluas, ke luar sektor industri pertambangan minerba, meski akan mencederai eksportir dan pendapatan negara dalam jangka pendek.

Namun, dia optimistis jika ekosistem besarnya sudah terbentuk, dan jika pabrik pengolahannya sudah beroperasi, misi penghiliran akan berbuah manis bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia pada masa depan.

Truk pengangkut mineral pentambangan Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)

Dia menggambarkan, setelah pemerintah menyetop ekspor nickel ore pada 2020, investasi penghiliran mineral tumbuh pesat. Saat ini, ujarnya, telah ada 43 pabrik pengolahan nikel yang akan membuka peluang kerja yang sangat besar.