Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Singapura Cari Mitra Garap Proyek Baterai di Indonesia

News
05 October 2023 14:25

Ilustrasi Singapura. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Singapura. (Dok: Bloomberg)

Harry Brumpton - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan pengembang infrastruktur Morrison & Co. telah memulai pembicaraan dengan mitra strategis yang potensial terkait proyek baterai berukuran besar di Indonesia, yang bertujuan mengurangi ketergantungan Singapura pada gas alam. 

Dalam wawancara di Sydney, kepala energi global Morrison Vimal Vallabh, mengatakan fund yang berbasis di Selandia Baru ini telah menyewa penasihat untuk melakukan diskusi yang diharapkan dapat selesai dalam 12 bulan ke depan dengan mitra yang memiliki pengalaman di wilayah tersebut, guna mengambil bagian dalam proyek Vanda ER yang bernilai miliaran dolar.

Kerjasama antara Gurin Energy Pte Ltd. milik Morrison dan sebuah unit dari Petronas Nasional Bhd. Malaysia adalah salah satu dari lima pengembangan yang bulan lalu mendapatkan persetujuan untuk menyuplai 2 gigawatt energi terbarukan dari Indonesia ke Singapura. 

Singapura berusaha mengimpor 4 gigawatt energi terbarukan pada tahun 2035 — atau sekitar sepertiga dari kapasitas gas utamanya saat ini — sebagai bagian dari rencana pengurangan emisi.

Penggunaan gas alam di Singapura. (Sumber: Bloomberg)