Logo Bloomberg Technoz

Bitcoin sedikit bergerak pada Rabu (27/09/2023) di sekitar US$26.258. Setelah reli lebih dari 80% di paruh pertama tahun ini, kripto terbesar berdasarkan nilai pasar itu telah turun sekitar 14%.

Penutupan pemerintah AS akan memiliki efek ekonomi yang berjenjang. Kontraktor federal mulai dari SpaceX Elon Musk hingga penyedia layanan kebersihan untuk gedung-gedung federal lokal bersiap untuk kehilangan pendapatan hingga US$1,9 miliar per hari karena pendanaan berakhir pada 1 Oktober.

Pukulan itu akan terjadi karena kecemasan di pasar keuangan atas suku bunga tinggi, kenaikan harga minyak, dan pemogokan buruh sudah membebani pasar.

James Butterfill, kepala penelitian di manajer aset kripto CoinShares, juga memprediksi bahwa kekacauan pemerintah AS akan mendorong harga Bitcoin.

“Kami memperkirakan shutdown akan memberikan tekanan pada dolar, terutama setelah penguatan baru-baru ini, sambil memiliki dampak material pada pertumbuhan ekonomi di Q4,” kata Butterfill.

“Dalam beberapa aspek, skenario ini mirip dengan kebuntuan soal plafon utang yang terjadi awal tahun ini, yang akhirnya mendorong harga Bitcoin.”

Di Indonesia, Bitcoin adalah kripto yang paling populer. Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli atau menjual Bitcoin dalam waktu dekat, harap pantau perkembangan penutupan pemerintah AS dan dampaknya terhadap pasar keuangan global.

(bbn)

No more pages