Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Masih Lesu, Wisatawan China Tunda ke Luar Negeri

News
26 September 2023 17:30

Wisatawan di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, Senin (25/9/2023). (Valeria Mongelli/Bloomberg)
Wisatawan di Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, Senin (25/9/2023). (Valeria Mongelli/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Menurut survei terbaru, semakin banyak wisatawan China menunda rencana perjalanan ke luar negeri akibat ketidakpastian ekonomi di negara tersebut. Hal ini dapat menjadi kabar buruk bagi negara-negara yang bergantung pada China sebagai salah satu sumber wisatawan terbesar di dunia.

Survei yang dilakukan oleh konsultan Oliver Wyman pada bulan September menemukan bahwa 54% dari responden berencana melakukan perjalanan ke luar negeri pada 2023. Angka tersebut turun dari hasil survei yang diambil pada bulan Juni yang menunjukkan angka 62%. Survei dilakukan terhadap wisatawan yang semuanya berpengalaman, yang pernah bepergian ke luar negeri sebelum pandemi menutup perbatasan China. 

Sementara itu sebanyak 22% mengatakan mereka tidak memiliki rencana untuk bepergian ke luar negeri dalam tiga tahun mendatang. Angka tersebut naik dari hasil survei yang diambil pada bulan Juni sebanyak 6%.

Grafik perbandingan keinginan wisatawan China bepergian ke luar negeri. (Sumber: Bloomberg)

Responden dalam survei ini harus memiliki penghasilan rumah tangga minimal sebesar 30.000 yuan atau setara Rp63,6 juta, yang mewakili kelas menengah negara tersebut. Kelas ini diharapkan dapat menjadi salah satu penggerak utama dalam mendukung pemulihan konsumsi China pasca-pandemi Covid-19.