Logo Bloomberg Technoz

Tekstil Ilegal China Gempur RI: Dokumen Palsu, Masuk via Sumatra

Dovana Hasiana
26 September 2023 15:30

Ilustrasi produk tekstil. (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Ilustrasi produk tekstil. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ditjen Bea Cukai mengungkapkan modus puluhan ribu kontainer tekstil ilegal asal China masuk ke Indonesia tiap tahun. Bea Cukai mengonfirmasi data asosiasi yang menyebut sebanyak 28.480 kontainer tekstil ilegal China masuk ke Indonesia setiap tahun. 

"Dari modus-modus yang sudah masuk itu memang banyak sekali modusnya, terutama menggunakan tanpa dokumen sama sekali atau menggunakan false document," ujar Direktur Penerimaan dan Perencanaan Strategis DJBC, Mohammad Aflah Farobi dalam Media Gathering ‘Strategi Penerimaan Negara dalam APBN 2024’ di Puncak, Jawa Barat, Selasa (26/9/2023).

Terkait dengan taksiran kerugian negara, Farobi tidak dapat mengungkapkan. Alasannya ribuan kontainer berisi tekstil ilegal China itu sudah beredar dan masuk dalam pasar Indonesia.

"Data ini kan berdasarkan barang yang sudah masuk, kami sekarang fokus untuk bagaimana mencegah yang belum dan kalau ada data yang masuk bisa ditelusuri, kita tarik mundur kita cari pelakunya," ujar dia.

Salah satu upaya pencegahan, kata dia, dilakukan dengan peningkatan kemampuan dan sumber daya yang ada dan berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya di wilayan timur Sumatera.