Logo Bloomberg Technoz

Menkop Teten Akui Pasar RI Dibanjiri Impor Tekstil Ilegal

Dovana Hasiana
19 September 2023 17:40

Kondisi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Dovana Hasiana).
Kondisi Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Dovana Hasiana).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyoroti kabar dugaan impor tekstil ilegal yang membanjiri Indonesia. 

Teten mengamini pernyataan dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) yang mengatakan terdapat produk impor tekstil ilegal yang masuk ke pasar di Indonesia dan mengganggu produksi tekstil dalam negeri. 

“Memang juga asosiasi pertekstilan mengatakan ada barang ilegal produk tekstil yang masuk ke pasar di Tanah Air sehingga mengganggu produksi tekstil dalam negeri, ada yang benang, ada yang sudah dalam bentuk kain ya tentu ini akan memukul di sini,” ujar Teten saat ditemui di Pasar Tanah Abang Blok A, Selasa (19/9/2023). 

Saat ini, Teten melanjutkan, kehadiran produk impor tekstil ilegal telah mengganggu pedagang ritel. Dia mengatakan banyak konsumen yang telah beralih dari pasar offline ke platform dagang-el karena banyak produk-produk impor yang dijual dengan harga yang sangat murah.

Namun, dampak itu tidak hanya akan dirasakan oleh pedagang ritel, melainkan juga kepada pedagang grosir, khususnya di Pasar Tanah Abang. Bila barang-barang pedagang ritel di pasar offline telah ditinggalkan oleh konsumen, maka secara otomatis pedagang tersebut tidak akan belanja pada pedagang grosir di Tanah Abang.