Logo Bloomberg Technoz

Penulis Hollywood Capai Kesepakatan Sementara untuk Akhiri Mogok

News
25 September 2023 15:30

Aksi mogok kerja para penulis dan aktor Hollywood. (Dok Bloomberg)
Aksi mogok kerja para penulis dan aktor Hollywood. (Dok Bloomberg)

Lucas Shaw - Bloomberg News

Bloomberg, Serikat penulis Hollywood yang melakukan aksi mogok telah mencapai kesepakatan kerja baru yang bersifat sementara dengan studio-studio termasuk Walt Disney Co. dan Netflix Inc. Hal ini mengakhiri salah satu dari dua pemogokan yang telah menghentikan produksi film dan TV.

Writers Guild of America, yang mewakili lebih dari 11.500 penulis skenario Hollywood, mengumumkan pada hari Minggu (24/9/2023) bahwa mereka mencapai kesepakatan dengan Alliance of Motion Picture & Television Producers, kelompok perundingan studio-studio tersebut. Kesepakatan ini, jika disetujui oleh anggota serikat, akan mengakhiri aksi mogok yang dimulai pada tanggal 2 Mei.

Kesepakatan sementara yang berdurasi selama tiga tahun ini masih harus melalui tahap penyelesaian bahasa kontrak dan rekomendasi dari dewan dan pengurus serikat. Hal ini kemungkinan akan dilakukan secepatnya pada hari Selasa. Setelahnya, para anggota serikat akan memberikan suara. Aksi mogok akan tetap berlanjut selama proses tersebut.

"Kami dapat mengatakan, dengan rasa bangga, bahwa kesepakatan ini sangat istimewa. Dengan peningkatan dan perlindungan yang bermakna bagi para penulis di setiap sektor keanggotaan," demikian pernyataan dari serikat tersebut.