Logo Bloomberg Technoz

Para penulis melakukan aksi mogok untuk pertama kalinya sejak tahun 2007 untuk memperjuangkan gaji yang lebih tinggi dari layanan streaming, yang telah mengubah cara pembuatan TV dan bagaimana para talenta dibayar. Screen Actors Guild, serikat aktor, bergabung dengan mereka pada bulan Juli atas keprihatinan yang serupa.

Grafik gaji penulis film dan TV Hollywood. (Sumber: Bloomberg)

Rincian kesepakatan ini tidak akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan. Namun sumber yang akrab dengan masalah ini sebelumnya mengatakan bahwa para penulis mendapatkan konsesi pada poin-poin penting, termasuk kenaikan gaji.

Studio-studio tersebut telah setuju untuk mempekerjakan sejumlah penulis di acara TV mereka. Sumber mengatakan jumlah penulis akan meningkat seiring dengan jumlah episode dalam satu musim. Kedua pihak juga telah menciptakan struktur di mana para penulis akan menerima bonus untuk acara populer di layanan streaming.

Tampaknya mereka juga telah mencapai kesepakatan tentang penggunaan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence). Sebelumnya, para penulis mengaku khawatir AI dapat menghancurkan lapangan kerja.

Produksi ratusan film dan acara TV terhenti akibat mogok ini. Dampaknya tidak hanya dirasakan para penulis dan aktor tetapi juga sutradara, anggota kru, dan industri seperti katering dan properti. Dengan pendapatan yang berkurang, agensi-agensi pencari bakat melakukan PHK para pekerja, dan studio menghentikan kesepakatan dengan produser-produser besar untuk menghemat biaya. 

Acara penghargaan juga telah ditunda dan festival film diadakan tanpa kehadiran para aktor. Pemogokan ini telah menunda kembalinya acara-acara baru untuk musim TV musim gugur, dan banyak film yang dijadwalkan dirilis tahun ini ditunda hingga tahun 2024.

Studio-studio dan para penulis tidak mencapai kesepakatan sebelum mogok dimulai. Kedua pihak juga tidak bernegosiasi selama beberapa bulan. Selama masa itu, ribuan anggota serikat berdemonstrasi di luar kantor-kantor studio dari New York hingga Los Angeles. 

Meskipun ekonomi streaming tetap menjadi fokus utama serikat pekerja, ancaman kecerdasan buatan juga muncul sebagai kekhawatiran yang semakin meningkat.

Para eksekutif terbesar perusahaan media terlibat lebih banyak dalam perselisihan ini pada akhir Juli dan awal Agustus, setelah para aktor bergabung dalam aksi mogok. Studio menawarkan proposal baru pada bulan Agustus yang menjawab banyak kekhawatiran penulis, tetapi itu tidak mencakup semua. Kedua pihak bernegosiasi selama beberapa pekan sebelum putus hubungan lagi.

Negosiasi pada bulan September datang sebagai kejutan. Kedua pihak tidak berbicara, setidaknya tidak secara resmi. Dan banyak eksekutif studio sedang berdebat apakah sudah saatnya berbicara dengan para aktor.

Tetapi tekanan pada kedua pihak untuk mencapai kesepakatan semakin meningkat. Studio khawatir tentang dampak berbulan-bulan kemudian tanpa kemampuan untuk memproduksi program baru. Banyak penulis mulai mendorong pimpinan serikat mereka untuk mencapai kesepakatan sehingga semua orang bisa kembali bekerja.

Orang-orang yang bekerja di industri hiburan, baik mereka penulis atau kru produksi, mulai meninggalkan Los Angeles karena kurangnya kemajuan. Penulis terkemuka meminta pertemuan dengan pimpinan serikat untuk membahas kondisi negosiasi, dan beberapa acara talk show mengatakan mereka akan kembali. Akan tetapi, rencana tersebut batal karena tekanan dari serikat pekerja.

Ketika pembicaraan terbaru dimulai, empat eksekutif paling berpengaruh di industri hiburan yaitu CEO Netflix Ted Sarandos, CEO Disney Bob Iger, CEO Warner Bros. Discovery Inc. David Zaslav, dan CEO NBCUniversal Donna Langley, bergabung dengan negosiator buruh mereka.

Studio-studio dan penulis bernegosiasi selama beberapa hari. Setelah berbulan-bulan perselisihan dan saling menyalahkan, kedua pihak membatasi komunikasi publik mereka saat merumuskan kesepakatan agar industri kembali beroperasi.

Meskipun ruang penulis mungkin segera dibuka kembali, kembalinya produksi akan menunggu kesepakatan dengan para aktor yang melakukan aksi mogok. Ini adalah pertama kalinya dalam lebih dari 60 tahun bahwa baik penulis maupun aktor melakukan mogok pada saat yang sama. Sementara Directors Guild of America mencapai kesepakatan baru dengan studio pada bulan Juni.

(bbn)

No more pages