Logo Bloomberg Technoz

Menlu Retno: Indonesia Negara Pertama Evakuasi Warganya di Turki

Sultan Ibnu Affan
14 February 2023 04:43

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta (YouTube Sekretariat Presiden)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang telah melakukan evakuasi terhadap warga negaranya yang terdampak gempa Turki-Suriah yang mengguncang wilayah itu. Diketahui gempa Turki mengguncang dengan kekuatan M 7,8 pada Senin (6/2/2023) lalu.

"Sebagai informasi Indonesia adalah perwakilan asing pertama yang mengevakuasi warganya sendiri di Turki," kata Retno seperti dikutip dalam keterangannya melalui kanal resmi Kementerian Luar Negeri, Senin (13/2/2023).

Retno mengatakan, saat ini Kemlu bersama Kementerian Pertahanan (Kemenhan) juga akan mengirimkan bantuan bertahap kepada WNI yang terdampak. Bantuan tersebut terdiri dari 3 tahap.

Adapun bantuan tahap pertama, kata Retno, pihaknya telah mengirimkan 2 pesawat milik TNI Angkatan Udara yakni B 737-400 dan Hercules C130 yang telah tiba di Bandara Adana, provinsi Hatay pada Senin (13/2/2023).

Kedua pesawat tersebut membawa 65 personel tim Medium Urban Search and Rescue (MUSAR) dan berbagai perlengkapan tim dan logistik untuk WNI, yang berupa bahan makanan dan kebutuhan dasar.