Logo Bloomberg Technoz

Wamenkeu: Hilirisasi Industri Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

13 February 2023 16:00

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyampaikan, beberapa sumber pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Kata dia, terdapat enam sumber pertumbuhan ekonomi antara lain, penggunaan produksi dalam negeri, pemanfaatan ekonomi digital, hilirisasi industri sawit dan SDA, pengembangan UMKM, pengembangan ekonomi hijau dan transisi menuju EBT.

Namun, Suahasil menegaskan, hilirisasi menjadi kunci utama dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia agar tidak terperangkap dalam middle income trap (jebakan kelas menengah).

"Sumber pertumbuhan ekonomi ke depan yang paling utama adalah hilirisasi sumber daya alam. Enggak bisa Republik kita ini maju atau kalau pakai bahasa lain keluar dari middle income trap, menciptakan pertumbuhan baru, pendapatan perkapita yang lebih tinggi, nggak bisa tanpa manufaktur nggak bisa," kata Suahasil dalam acara Economic Outlook and Everlasting Transformative Leadership PLN, secara virtual, Senin (13/2/2023).

Lebih lanjut, Suahasil mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga tak lepas dari peran penggunaan produksi dalam negeri melalui hilirisasi yang tercipta di tanah air.