Logo Bloomberg Technoz

Luhut Sebut Pengadaan Pemerintah Tidak Bisa Lagi Dikacau-kacau

19 September 2023 13:20

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Presiden Joko Widodo. (Dok. IG Luhut B Panjaitan)
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Presiden Joko Widodo. (Dok. IG Luhut B Panjaitan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali menyatakan harapannya akan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah berbasis elektronik atau e-katalog disela acara Marine Spatial Planning dan Services Expo.

Luhut menegaskan sistem e-katalog pada pengadaan barang dan jasa pemerintah dapat menekan korupsi hingga permainan tender. Tidak ada lagi yang bisa dikacau-kacau, kata Luhut.

"Ini yang terjadi, akan menciptakan lapangan kerja, UMKM akan berdiri, lokal konten akan bagus, inovasi berkembang, dan korupsi pasti tertekan. Karena tidak ada lagi ada tender-tender, semua dia beli dari e-katalog," ucap dia di Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Luhut mengatakan, ide penerapan sistem tersebut juga kini telah menemui secercah perkembangan. Dia mencontohkan, belakangan ini sudah terlihat tidak ada pemberitaan mengenai pejabat negara yang terkena jaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK.

"Sekarang kalau Anda lihat baik-baik, itu hampir tidak ada atau saya belum lihat, kepala daerah yang ditangkap karena OTT, karena government procurement, karena tidak ada lagi bisa [memanipulasi]. Itu makin kecil dan saya pikir kalau tahun ini besar, bisa sampai 85%, akan hebat," terang Luhut.

Baca Juga