Logo Bloomberg Technoz

Profil Menhan China yang Hilang Li Shangfu, Disanksi AS pada 2018

News
19 September 2023 08:50

Li Shangfu (Sumber: Bloomberg)
Li Shangfu (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertahanan China Li Shangfu masih belum tampak di publik. Ia menghilang dan disebut sedang dalam proses penyelidikan di negaranya. Li, seorang insinyur dirgantara China dan jenderal Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) ini bahkan diduga oleh Amerika Serikat (AS) sudah dicopot dari jabatannya itu.

Li lahir pada bulan Februari 1958. Ia memiliki latar belakang keluarga yang terkait erat dengan militer, yaitu sang ayah Li Shaozhu, yang adalah seorang veteran Tentara Merah dan mantan perwira tinggi Angkatan Bersenjata Kereta Api PLA.

Karir militer Li dimulai ketika ia bergabung dengan PLA saat memasuki Universitas Pertahanan Nasional China pada tahun 1978. Setelah lulus pada tahun 1982, ia mulai bekerja di Pusat Peluncuran Satelit Xichang sebagai seorang teknisi. Di sana, ia terlibat dalam berbagai proyek peluncuran satelit.

Li memperoleh gelar Doktor Teknik dalam bidang teori kontrol dan rekayasa kontrol dari Universitas Chongqing. Latar belakang pendidikannya yang kuat di bidang ini telah membantu dalam karir militernya.

Sebelum menjabat sebagai menteri pertahanan, Li telah mengemban sejumlah peran penting dalam PLA. Ia pernah menjadi Wakil Komandan Pasukan Dukungan Strategis PLA dan Wakil Komandan Departemen Persenjataan Umum PLA. Selama 31 tahun, ia berkarier di Pusat Peluncuran Satelit Xichang, bahkan selama 10 tahun menjabat sebagai direktur pusat tersebut.

Menteri Pertahanan China Li Shangfu (tengah) ketika tiba di Singapura (Lionel Ng/Bloomberg)