Logo Bloomberg Technoz

Keberadaan Menhan China Dipertanyakan di Tengah Kasus Korupsi

News
11 September 2023 15:30

Menteri Pertahanan China Li Shangfu (tengah) ketika tiba di Singapura (Lionel Ng/Bloomberg)
Menteri Pertahanan China Li Shangfu (tengah) ketika tiba di Singapura (Lionel Ng/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Keberadaan Menteri Pertahanan China (Menhan) Li Shangfu dipertanyakan di tengah investigasi korupsi terkait peralatan militer.

Di tengah desas-desus itu, Presiden China Xi Jinping mengimbau soal untuk persatuan dan stabilitas di ranah militer selama inspeksi di timur laut. Xi Jinping mendorong upaya untuk menguatkan pendidikan dan manajemen pasukan, sambil menjaga tingkat persatuan, keamanan, dan stabilitas yang tinggi, demikian dilaporkan Xinhua News pada Minggu (10/09/2023).

Pernyataan ini muncul ketika Rahm Emanuel, Duta Besar AS untuk Jepang, berbicara tentang spekulasi mengenai absennya beberapa pejabat termasuk mantan Menteri Luar Negeri Qin Gang, mantan jenderal Rocket Force, dan Menteri Pertahanan Li Shangfu.

Pertemuan Putin dan Menhan China Li Shafung (Sumber: Bloomberg)

Desas-desus telah beredar di platform sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengenai keberadaan Li Shafung. Penampilan publik terakhirnya adalah pada 29 Agustus ketika ia menyampaikan pidato kunci di Forum Perdamaian dan Keamanan China-Afrika di Beijing.