Logo Bloomberg Technoz

Aglomerasi Pabrik Hasil Tembakau Dibangun Awasi Pabrik Rokok-Vape

Pramesti Regita Cindy
14 September 2023 09:30

Ilustrasi Rokok. (Photo By youdontknowjaq via Envato)
Ilustrasi Rokok. (Photo By youdontknowjaq via Envato)

Bloomberg Technoz, Sidoarjo - Kepala Kantor Bea dan Cukai Sidoarjo, Rudy Hery Kurniawan mengatakan bahwa daerah Jawa Timur kini tengah membangun Aglomerasi Pabrik Hasil Tembakau (APHT). Di daerah Sidoarjo merupakan salah satu yang akan menjadi lokasinya. 

"Di Jawa Timur dari data itu Madura, Pamekasan kemudian Sidoarjo sendiri sudah membangun itu dan mungkin itu tahun ini semoga selesai dan tahun depan bisa kita gunakan. Di sidoarjo sudah ada bangunannya, 90%," kata Rudy di gedung DJBC Kanwil I Jatim, Sidoarjo, Jawa Timur pada Rabu (13/9/2023). 

Lebih lanjut Rudy menyebut bahwa pembangunan pabrik ini memang dari awal tanah kosong dan kini tengah menunggu pembangunan selesai untuk memasuki tahap izin dari pemerintah daerah (pemda). Selain itu masih menunggu ketetapan oleh kepala kanwil atas nama menteri agar beberapa pengusaha yang telah terdaftar untuk diberikan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC).

Pembangunan Aglomerasi Pabrik Hasil Tembakau (APHT) di Sidoarjo (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

"Tinggal tunggu izin dari pemda, kemudian ketetapan oleh pak Kakanwil atas nama Menteri, setelah itu beberapa pengusaha yang berminat sudah ada ini kita daftar, langsung kita berikan NPPBKC," kata Rudy. 

Ketika disinggung mengenai berapa banyak perusahaan yang telah berkomitmen untuk tergabung dalam APHT, Rudy menyebut ada sekitar 10 pabrik. Namun kapasitasnya kemungkinan akan bertambah atau lebih.