Logo Bloomberg Technoz

3 'Dosa' Besar The Fed Menurut Peraih Nobel Ekonomi Stiglitz

Krizia Putri Kinanti
14 September 2023 09:40

The Fed (Sumber: Bloomberg)
The Fed (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peraih Nobel di Bidang Ekonomi, Joseph Eugene Stiglitz, mengkritisi kebijakan yang diambil oleh bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve alias The Fed. Ia juga mengkritisi Bank Dunia (World Bank) dan International Monetary Fund (IMF) yang pada praktiknya menyengsarakan negara berkembang.

Ada tiga 'dosa' yang dilakukan The Fed, IMF dan Bank Dunia, hingga menyulitkan perekonomian global saat ini. Dosa pertama adalah, kebijakan suku bunga agresif the Fed.

"Menurut saya, kesalahan besar menaikkan suku bunga acuan dari posisi sebelumnya yang mendekati nol, di mana suku bunga the Fed sudah tepat berada di tingkat yang normal sejak 2008," jelas Stiglitz dikutip dari media lokal, Kamis (13/9/2023).

Menurutnya, biaya yang dikeluarkan untuk mendapat modal alias cost capital tidak bisa berada di angka [mendekati] nol. Kecuali, saat usai krisis keuangan global.

Yang menjadi masalah adalah, ketidakstabilan keuangan global saat ini dipicu oleh efek pandemi Covid-19, bukan krisis keuangan global. Sehingga, menurut Stiglitz, the Fed melakukan lebih dari apa yang seharusnya dilakukan, dengan menaikkan suku bunga acuan terlalu cepat.