Logo Bloomberg Technoz

BP Tak Lagi Jual BBM RON 90, ESDM Buka Peluang Konversi Pertalite

Sultan Ibnu Affan
13 September 2023 18:00

SPBU BP. (Dok.bp.com)
SPBU BP. (Dok.bp.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Salah satu perusahaan penyedia bahan bakar minyak (BBM) swasta di Indonesia, BP-AKR, resmi berhenti menjual BBM beroktan rendah atau BP 90, yang setara dengan bensin Pertalite milik PT Pertamina (Persero).

Dalam keterangannya, BP beralasan hal tersebut dilakukan lantaran perusahaan berkomitmen untuk menyediakan bahan bakar berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Terlebih, perusahaan menyebut jika kini kesadaran masyarakat untuk menggunakan bahan bakar berkualitas dengan nilai oktan lebih tinggi makin meningkat.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan langkah BP-AKR merupakan suatu kebijakan korporasi. Arifin pun kembali bicara soal peluang menaikkan oktan Pertalite, meski tetap mengkhawatirkan dampaknya terhadap pembengkakan subsidi.

"Itu corporate policy-nya BP. Kalau kita kan masih, Pertalite itu, karena  kalau kita naikin juga [RON Pertalite], subsidi bakal tambah gede. Apalagi, sekarang harga minyak mentah berapa nih? US$92 per barel. Ngeri," ujarnya saat ditemui di kompleks parlemen, Rabu (13/9/2023).

SPBU BP Milik AKR Corporindo. (Dok perusahaan)

Arifin menambahkan Pemerintah Indonesia kini juga mesti memikirkan wacana penaikan RON Pertalite, sejalan dengan komitmen pengurangan polusi di dalam negeri yang disebabkan oleh emisi kendaraaan.