Logo Bloomberg Technoz

Bunga Deposito Bank Digital Sampai 8%, Waspadai Risikonya

Ruisa Khoiriyah
10 February 2023 15:47

Ilustrasi Bank Digital (Tangkapan layar via instagram @allobank)
Ilustrasi Bank Digital (Tangkapan layar via instagram @allobank)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perang bunga simpanan bank digital menaikkan lagi pamor deposito sebagai tempat membiakkan dana yang menarik dipilih oleh investor. Di sisi lain, tawaran bunga deposito bank digital yang tinggi menuai pertanyaan, apakah likuiditas bank digital cukup aman.

Putri, ibu satu anak yang bekerja sebagai karyawan di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta, memainkan ponselnya di tengah kesibukan bekerja. Ia sibuk membandingkan berbagai aplikasi bank digital di handphone.

“Tawaran bunga depositonya tinggi-tinggi,” kata Putri, Kamis (9/2/2023). 

Salah satu aplikasi yang ia bandingkan adalah penawaran bunga simpanan di Bank Neo Commerce (BNC). Putri mencoba menempatkan dana sebesar Rp 1 juta. Di bank digital yang tadinya bernama Bank Yudha Bakti itu, ia bisa mendapatkan bunga simpanan 8% per tahun untuk penempatan Rp 1 juta selama 12 bulan. Estimasi bunga yang bisa ia dapatkan mencapai Rp 80.000 saat deposito jatuh tempo. 

Adapun bila ia tempatkan di tenor 6 bulan atau 3 bulan, bunganya masing-masing mencapai 7,75% dan 7,5% per tahun. Bahkan untuk penempatan hanya selama 7 hari, BNC menawarkan bunga 6,5%.