Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga Ajak Generasi Muda Aktif Dalam Ekonomi Kreatif

Pramesti Regita Cindy
09 September 2023 15:30

Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno (Dok. Sandiaga Uno)
Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno (Dok. Sandiaga Uno)

Bloomberg technoz, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta  generasi muda untuk  berperan aktif dalam memastikan ketersediaan lapangan pekerjaan, bahkan  pada aksi dan isu-isu berkelanjutan. 

Hal ini disampaikannya dalam gelaran ASEAN+ Youth Summit 2023 bertajuk “ASEAN Youth Strength: Collaboration in Diversity”, pada 6 hingga 8 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Selain itu, menurutnya, entrepreneurship atau kewiraswastaan benar-benar harus menjadi urat nadi di kawasan Asia tenggara dan menjadi budaya ASEAN. Sandi menaruh harapan besar bagi generasi muda ASEAN untuk memiliki semangat energi positif, ide kreatif, dan inovatif dalam pemberdayaan, karena sebagian besar perekonomian ditopang oleh sektor UMKM.

“Dan hampir 60% bergerak di sektor ekonomi kreatif kuliner, fesyen, kerajinan tangan, ekonomi digital, musik, film, animasi, yang sebagian besar diberdayakan oleh perempuan,” kata Sandiaga dalam forum tersebut, dikutip pada Sabtu (9/9/2023).

Bahkan Sandiaga menyampaikan kisah Indonesia melalui Kemenparekraf yang berhasil dalam upaya penguatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19. Menurutnya dengan kegiatan internasional seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dan KTT ke-43 ASEAN turut membantu pemulihan sektor pariwisata.