Logo Bloomberg Technoz

Sekadar catatan, harga batu bara turun dipicu oleh merosotnya permintaan bahan bakar berbasis fosil. Beberapa pemasok pun menggunakan diskon untuk mencari pembeli dari pengiriman tanpa kontrak. 

Benchmark batu bara Newcastle berjangka Asia diperdagangkan pada US$231 per ton Kamis (09/02/2023) dan telah turun sekitar setengahnya sejak menyentuh rekor pada September 2022.

Adani memiliki tambang batu bara dengan kapasitas lebih dari 50 juta ton di seluruh india, Australia, dan India, yang memproduksi bahan bakar baik untuk dijual di pasar global maupun untuk digunakan di pembangkit listrik Adani sendiri.

Posisi arus kas konglomerat itu menjadi sorotan setelah tuduhan penipuan oleh short seller Hindenburg Research membuat saham dan obligasinya jatuh. 

Sebagai tanda bahwa bank global menjadi lebih waspada dalam mendanai kerajaan Adani, negosiasi atas pembiayaan kembali pinjaman jembatan senilai $500 juta terhenti setelah laporan Hindenburg. Hal itu mendorong keputusan kelompok untuk membayar hutang lebih awal.

Namun, Adani berulang kali membantah tuduhan Hindenburg dan mengatakan neraca keuangan grup itu masih sehat.

(bbn/wdh)

No more pages