Logo Bloomberg Technoz

Meski Alot, RI Akhirnya Restui Ekspor Energi Hijau ke Singapura

Sultan Ibnu Affan
07 September 2023 15:10

Patung Merlion di Singapura. Fotografer: Lionel Ng/Bloomberg
Patung Merlion di Singapura. Fotografer: Lionel Ng/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah mengonfirmasi telah memberikan izin terhadap sejumlah perusahaan untuk mengekspor energi bersih ke Singapura, setelah sempat keberatan dengan rencana tersebut.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rachmat Kaimuddin mengatakan rencana ekspor energi bersih ke Singapura merupakan bagian dari upaya kolaborasi sektor energi di Asean.

“Mudah-mudahan [dalam waktu dekat] kita akan melihat salah satu contoh konkretnya, yaitu ekspor energi ke Singapura. Jadi beberapa perusahaan telah mendapatkan persetujuan untuk melakukannya,” ujarnya di sesi konferensi pers Indonesian Sustainability Forum (ISF), Kamis (7/9/2023).

Rachmat tidak mengelaborasi siapa saja perusahaan yang telah diberikan izin, berikut volume energi bersih yang akan dikirimkan ke Negeri Singa. Akan tetapi, dia memastikan, ekspor energi ke negeri tetangga tersebut akan dibarengi dengan investasi dari Singapura ke sektor energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia.

“Tentu saja tujuannya tidak hanya mengekspor elektron ramah lingkungan, tetapi juga akan membangun manufaktur panel surya dan baterai di Indonesia. Jadi hal ini akan memperbaiki situasi industri serta membagi energi hijau kepada tetangga kita,” ujarnya.

Ilustrasi PLTS atap./Bloomberg-