Logo Bloomberg Technoz

Berharta Rp117T, Prajogo Pangestu Jajal Bisnis Silika & Emas

Dityasa Hanin Forddanta
05 September 2023 07:00

Prajogo Pangestu. (Tangkapan layar via website barito-pacific.com)
Prajogo Pangestu. (Tangkapan layar via website barito-pacific.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Melalui Grup Barito, Prajogo Pangestu, menjelma menjadi orang terkaya di Indonesia. Dengan kekayaan senilai US$ 7,81 miliar atau setara sekitar Rp117,15 triliun, ia menempati urutan ke-4 orang terkaya di Indonesia dan ke-295 dunia berdasarkan Bloomberg Billionaires Index.

Namun, itu sepertinya belum cukup bagi pengusaha berusia 79 tahun ini. Prajogo Pangestu justru mulai melirik bisnis baru, pasir silika.

Berdasarkan penelusuran Bloomberg Technoz, PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) mendirikan entitas anak benama PT Prima Mineral Investindo dengan kepemilikan saham sebesar 99,98%. Kepemilikan ini terdiri dari 4.990 saham dengan nilai nominal Rp4,99 miliar.

Dalam sebuah kesempatan belum lama ini, Direktur Utama CUAN mengungkapkan jika Prima Mineral akan difokuskan untuk bergerak di sektor mineral. "Kami sedang melakukan penelitian pasir silika," ujar Michael.

Pasir silika, menurut Michael, akan dipakai untuk pembuatan panel surya. Tidak berhenti sampai di sini, CUAN juga akan melakuan eksplorasi emas.