Logo Bloomberg Technoz

Jadwal Rekayasa Lalu Lintas & Buka Tutup Jalan Jakarta Hari Ini

News
04 September 2023 06:05

Ilustasi gedung perkantoran di kawasan Jenderal Sudirman, Selasa (21/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustasi gedung perkantoran di kawasan Jenderal Sudirman, Selasa (21/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rekayasa lalu lintas dan pemberlakukan buka tutup jalan di sejumlah kembali diberlakukan mulai hari ini, Senin (4/9/2023). Rekayasa lalu lintas digelar Polda Metro Jaya seiring gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 pada 4—7 September 2023. 

KTT ASEAN menggunakan 18 hotel sebagai tempat menginap para delegasi. Rekayasa telah dimulai sejak Sabtu (2/9/2023) lantaran sejumlah kegiatan para delegasi ASEAN telah dimulai. Meski bakal ada rekayasa lalu lintas, pemerintah memastikan tetap mengoperasikan transportasi umum seperti MRT, LRT, dan Transjakarta.

Mulai Senin ini pemerintah juga telah mengeluarkan edaran bagi para pekerja di ibu kota untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). ASN Pemprov DKI telah diimbau untuk bekerja dari rumah.

Penyelenggaraan KTT digelar di 5 venue, mulai dari Istana Negara, Hotel ST Regis, Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta Convention Center (JCC), hingga Taman Plataran GBK. Dari sejumlah titik konsentrasi itu, sebanyak 29 jalan akan terkena rekayasa lalu lintas.

Rekayasa dilakukan dengan metode buka tutup jalan di sepanjang rute lintasan saat kendaraan delegasi melintas. Sementara itu, penutupan ruas jalan pada dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman dua arah, yakni dari Patung Pemuda sampai dengan Simpang Susun Semanggi, khusus pada kegiatan di Hutan Kota Plataran GBK mulai Pukul 18.00—22.00 WIB.