Logo Bloomberg Technoz

Demokrat Isyaratkan Nasdem Balik Arah Usai Paloh Bertemu Jokowi

Yunia Rusmalina
02 September 2023 12:26

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan. (Dok. IG AHY)
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan. (Dok. IG AHY)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kemunculan nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menjadi pendamping Anies Baswedan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung Koalisi Perubahan, mengejutkan publik dan memicu tanya yang menggantung.

Ada yang membaca, pergerakan Ketua Nasdem Surya Paloh yang berbalik meminang Cak Imin, demikian Muhaimin dipanggil, untuk mendampingi Anies di kala sudah ada pendekatan terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dipengaruhi oleh sosok yang disebut-sebut sebagai 'mastermind'

Ketua BPOPKK DPP Partai Demokrat Herman Khaerun dalam acara diskusi yang disiarkan oleh kanal Youtube Trijaya FM siang ini (2/9/2023), ditanya tentang kemungkinan ada 'mastermind' di balik perubahan sikap Nasdem dan Anies Baswedan dan siapa sosok yang dimaksud. 

"Kalau mau dirangkai, kita tidak ingin menuduh karena perubahan sikap itu terjadi ketika Pak Surya Paloh [Ketua Partai Nasdem] bertemu Bapak Jokowi kemudian terjadi perubahan sikap," kata Herman.

Ia menjelaskan, dalam rapat Koalisi Perubahan terakhir memang masih alot. "Namun, dengan perubahan terakhir silakan tim 8 bersama capres ambil keputusan. Kalau sudah diserahkan ya sudah ambil keputusan, dong. AHY [tadinya] akan dideklarasikan awal September. Kok, setelah ditentukan pasangan Anies itu Cak Imin, kenapa menghadap lagi pada Presiden," paparnya.

Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) . (Foto: SBY Team/DPP-PD)