Logo Bloomberg Technoz

'Tech Winter’ Jadi Kesempatan Berbenah untuk Pemodal dan Startup

Tara Marchelin
09 February 2023 09:56

Startup (Dok Freepik)
Startup (Dok Freepik)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Keuangan Mandiri Capital Indonesia, Rino Bernando, menyebut krisis yang terjadi di dunia startup saat ini menjadi sebuah kesempatan bagi perusahaan venture capital (VC). 

“MCI ini adalah bagian dari seleksi alam dan ini kesempatan bagi kita untuk bisa investasi di startup yang memang terbukti bisa bertahan saat krisis. Seleksi alam ini memberikan kesempatan untuk kita investasi di startup yang berkualitas,” kata Rino, Rabu (8/2/2023). 

Rino menyebut krisis yang kerap disebut ‘tech winter’ ini merupakan siklus yang terjadi setiap lima sampai tujuh tahun di akibat overvalue. “Sebetulnya pada saat naik itu terjadi overvalue dan menciptakan bubble. Pada saat nilai dari fundamentalnya naik dan market value makin besar, itu pasti bubble itu akan pecah. Menurut saya, itu bagian dari normalisasi,” jelas Rino. 

Ia menambahkan sektor dengan valuasi tertinggi pasti memilik dampak di saat situasi krisis, utamanya fintech. Sektor ini yang mengalami penurunan valuasi paling parah.  

“Di situasi seperti sekarang, itu sebenarnya  kesempatan bagi kami untuk dapat valuasi yang lebih wajar dan dapat masuk dengan harga yang lebih wajar sehingga upside kita ke depan masih relatif besar,” jelasnya.