Logo Bloomberg Technoz

Mau Berhemat Rp 83 T, Disney Berencana PHK 7.000 Karyawan

News
09 February 2023 05:32

CEO Walt Disney Bob Iger (Sumber: Bloomberg)
CEO Walt Disney Bob Iger (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - CEO Walt Disney Co Bob Iger mengumumkan rencana restrukturisasi besar-besaran. Di antaranya adalah pemangkasan sebanyak 7.000 karyawan dan penghematan US$ 5,5 miliar (Rp 83,17 triliun).

Sebagaimana dilaporkan Bloomberg News, langkah lain yang akan ditempuh adalah menghemat pengeluaran untuk program dan pemotongan anggaran sebesar US$ 2,5 miliar (Rp 37,8 triliun) di sisi non-konten. Sementara program penghematan US$ 1 miliar (Rp 15,12 triliun) sedang berjalan, kata Iger dalam konferensi bersama investor.

Termasuk dalam langkah itu, Iger juga mengungkapkan bahwa perseroan akan melakukan reorganisasi di tiga divisi: hiburan (termasuk saluran televisi dan bisnis film), ESPN (saluran olahraga), dan taman hiburan (termasuk kapal pesiar dan produk konsumen).

Reorganisasi ini bertujuan untuk meningkatkan profit margin, kata Iger. Ini akan menjadi transformasi ketiga selama kepemimpinan Iger, di mana sebelumnya ada penambahan waralaba (franchise) film dan pengembangan bisnis online.

Iger kembali memimpin Disney sejak November lalu setelah Bob Chapek dipecat. Kini Iger sendiri tengah dalam tekanan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.