Logo Bloomberg Technoz

Amman Mineral (AMMN) Jadi Saham IPO Terbaik Dunia Usai Naik 150%

News
29 August 2023 14:15

Ilustrasi Amman Mineral (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Amman Mineral (Dok Bloomberg)

Filipe Pacheco dan Fathiya Dahrul - Bloomberg News

Bloomberg, PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN), menjadi salah satu perusahaan pertambangan Indonesia dengan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) terbaik di dunia tahun ini. Para analisis juga menyoroti valuasinya yang menarik, prospek pendapatan, dan potensi penyertaannya dalam indeks lokal utama.

Saham Amman Mineral, naik 153% sejak debutnya pada 7 Juli lalu. Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, kenaikan ini merupakan yang terbesar di antara 32 IPO yang telah berhasil mengumpulkan setidaknya US$500 juta secara global pada 2023.

Performa saham perusahaan tambang emas dan tembaga terbesar kedua di Indonesia ini sangat menonjol jika dibandingkan dengan industri sejenis di seluruh dunia, di mana saham-saham pertambangan terdampak inflasi global yang meningkat dan tingkat suku bunga serta ekonomi China yang lesu. Indeks Pertambangan Dunia Bloomberg sendiri sudah turun 7% sepanjang tahun ini.

Daftar IPO terbaik di dunia. (Sumber: Bloomberg)

Menurut Andre Benas, kepala riset di BCA Sekuritas, kinerja Amman Mineral pasca-pencatatan saham telah didorong oleh rendahnya valuasi saat debut, dan harapan bahwa saham perusahaan akan masuk dalam Indeks LQ45.