Logo Bloomberg Technoz

Operasi Helikopter Water Bombing Redakan Kebakaran TPST Sarimukti

Fransisco Rosarians Enga Geken
28 August 2023 20:45

Operasi Pemadaman Kebakaran TPST Sarimukti Bandung oleh Helikopter BNPB (Dok. BNPB)
Operasi Pemadaman Kebakaran TPST Sarimukti Bandung oleh Helikopter BNPB (Dok. BNPB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk memadamkan kebakaran di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu atau TPST Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat mulai membuahkan hasil. Pemadaman dengan helikopter water bombing mulai meredakan api dan kepulan asap tebal.

Abdul Muhari, juru bicara BNPB mengatakan, jarak pandang pada lokasi pembuangan sampah tersebut sudah sudah jauh lebih baik dibandingkan saat operasi awal, Jumat (25/8/2023). Menurut dia, sekitar 90% titik api pada permukaan TPST Sarimukti telah padam.

"Namun titik api di dalam tumpukan sampah diperkirakan masih 40% yang menyebabkan masih munculnya kepulan asap ke permukaan," kata Abdul dalam keterangan tertulis, Senin (28/8/2023).

Hingga kini, Helikopter BNPB terus menghujani kawasan TPST Sarimukti dengan bom air. BNPB setidaknya telah menumpahkan sebanyak 120.000 liter atau 120 ton air, pada Jumat lalu. Helikopter kembali melepaskan 440 ribu liter air pada operasi selama 9 jam 38 menit, pada Sabtu. Sedangkan pada Minggu, BNPB menghujani area kebakatan dengan air sebanyak 332 ribu liter

"Sehingga total air yang digunakan untuk memadamkan api selama tiga hari terakhir berjumlah 892.000 liter air," ujar Abdul.