Logo Bloomberg Technoz

Klub Sepak Bola Arab Saudi Berniat Masuk Liga Champions Eropa

News
27 August 2023 17:30

Christiano Ronaldo (Sumber: Bloomberg)
Christiano Ronaldo (Sumber: Bloomberg)

Fahad Abuljadayel - Bloomberg News


Bloomberg, Liga Sepak Bola Arab Saudi tengah berencana untuk menggelar diskusi penjajakan peluang bergabung dengan turnamen kasta atas sepak bola Eropa, Liga Champions. Hal ini dilakukan usai sejumlah klub Arab Saudi menggelontorkan ratusan juta dolar untuk mendatangkan pemain-pemain top dunia.

"Kami mencoba untuk menjadi berbeda, jadi segala jenis perubahan format atau perbaikan yang dapat diperkenalkan ke dalam liga akan disambut baik," kata Chief Operating Officer Saudi Pro League (SPL), Carlo Nohra, dalam sebuah wawancara.

Meski demikian, dia mengatakan, SPL masih "sepenuhnya berkomitmen" untuk berada di Liga Champions AFC, yang merupakan kompetisi klub utama Asia. Pembicaraan mengenai tim-tim SPL untuk bergabung dengan Liga Champions Eropa mungkin hanya akan dilakukan antara penyelenggara yaitu UEFA dan Federasi Sepak Bola Arab Saudi.

Menurut dia, anggota UEFA termasuk beberapa negara non-Eropa, seperti Kazakhstan, dapat mengirimkan klub pada liganya untuk berpartisipasi di Liga Champions.