Logo Bloomberg Technoz

Sektor Properti Swedia Terguncang, Khawatir Picu Krisis Era 90-an

News
25 August 2023 16:10

Ilustrasi perusahaan properti (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi perusahaan properti (Sumber: Bloomberg)

Niclas Rolander and Charles Daly - Bloomberg News

Bloomberg, Awan mendung menggelayut di sektor properti Swedia. Krisis real estate memunculkan kekhawatiran menjadi pemicu krisis keuangan besar-besaran yang pernah terjadi pada 1990-an. Harga properti anjlok. Biaya hidup naik pesat membebani perekonomian warga Nordik. 

Pada puncak booming real estate Swedia pada tahun 2021, 65 perusahaan properti Swedia menjual obligasi senilai $27 miliar. Saat ini, jalur pendanaan tersebut sebagian besar telah ditutup. Volumenya telah merosot menjadi hanya $2,1 miliar sepanjang tahun ini dan jumlah emiten turun menjadi 17, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Beberapa dari perusahaan kecil tersebut telah menghubungi pemegang obligasi dalam 12 bulan terakhir untuk meminta persyaratan yang lebih longgar guna menghindari pelanggaran perjanjian atau hal yang lebih buruk lagi. Contohnya termasuk Sehlhall Holding AB, Oscar Properties Holding AB, Nivika Fastigheter AB dan yang terbaru Wastbygg Gruppen AB.

Merespons hal tersebut, pemerintah bersama bank sentral mengklaim dapat mengatasi persoalan ini secepat mungkin. Mereka dapat mengatasi gejolak ini tanpa intervensi yang luas.