Logo Bloomberg Technoz

Kementerian BUMN: Garuda Bakal Jadi Induk Holding Penerbangan

Mis Fransiska Dewi
24 August 2023 15:45

Ilustrasi Garuda Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Garuda Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan Garuda Indonesia akan menjadi entitas induk yang menaungi pembentukan holding perusahaan pelat merah sektor penerbangan, yang juga mencakup Citilink dan Pelita Air.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga mengatakan sampai saat ini skema merger Garuda Indonesia Group dan Pelita Air masih terus dimatangkan. Belum ada keputusan final terkait dengan struktur entitas hasil peleburan maskapai-maskapai tersebut.

“Apakah nanti di bawah Garuda? Atau nanti masuk ke dalam Citilink? Ini kita belum tahu, masih dikaji. Namun, nanti [holding BUMN penerbangan] akan berada di bawah naungannya Garuda. Begitu,” ujarnya saat dimintai konfirmasi, Kamis (24/8/2023).

Dia menjelaskan upaya merger Garuda Indonesia, Citilink, dan Pelita Air merupakan bagian dari rencana besar Kementerian BUMN untuk menggabungkan perusahaan-perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor industri yang sama.

“Jadi kami berminat dan berniat untuk menjadikan satu BUMN memegang satu jenis industri. Ini ada [sektor] penerbangan. Ada dua perusahaan, Pelita dan Garuda. Citilink bagian dari Garuda juga. Dengan demikian, kami melihat [ada peluang untuk] dimergerkan,” tuturnya.

Pesawat Garuda Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)