Logo Bloomberg Technoz

Cara Kirim Foto HD di Whatsapp, Tidak Pecah dan Kualitas Tinggi

Yunia Rusmalina
18 August 2023 09:20

Ilustrasi WhatsApp. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi WhatsApp. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasca kabar tengah menguji coba fitur  pengiriman file foto berukuran besar/HD dalam sebuah percakapan bulan Juni silam, WhatsApp kini mulai merilisnya secara publik dalam layanan update di toko aplikasi.Pengguna bisa mendapatkannya pada Kamis (17/8/2023) di iPhone dan Android.

Fitur baru membuat pengelola media sosial percakapan milik Meta Platform Inc. ini mampu mengirimkan gambar resolusi terbaru namun tetap berkompresi rendah. Rilisan terbaru menjadi jawaban atas banyaknya permintaan dari para pengguna.

Mark Zuckerberg, CEO Meta menyatakan pada mode terdahulu pengiriman foto otomatis terkompres dengan tujuan efisiensi penggunaan data. Namun efeknya kualitas foto buruk. Tombol HD bisa digunakan dan muncul saat pengguna bersiap mengirim gambar.

“Berbagi foto di WhatsApp baru saja ditingkatkan. Sekarang Anda dapat mengirim dalam HD,” kata Mark dilaporkan The Verge. Update fitur ini termaktub dalam iOS versi 23.11.0.76 dan untuk Android  versi 2.23.12.13.

Fitur pengiriman foto HD pada WhatsApp. (Dok: Perusahaan)

Gambar berkualitas yang dikirimkan mampu mempertahankan resolusi 3024x4032 pixel, seperti dilaporkan TechCrunch. “Foto HD lebih jelas. Foto standar menggunakan lebih sedikit ruang penyimpanan dan lebih cepat dikirim,” tulis pesan dalam aplikasi.