Logo Bloomberg Technoz

Perbankan Dunia Masih Buta dengan Portofolio 'Perusak' Alam

News
17 August 2023 19:10

Institusi perbankan di Wall Street./dok. Bloomberg
Institusi perbankan di Wall Street./dok. Bloomberg

Alastair Marsh - Bloomberg News

Bloomberg, Sebagian besar lembaga keuangan masih belum sadar jika banyak portofolio mereka memberikan risiko kerusakan alam, dengan urgensi yang sama seperti yang mereka gunakan untuk mengukur dampak perubahan iklim. Berdasarkan sebuah laporan terbaru, hal ini merupakan kekurangan yang dapat menyebabkan pengeluaran biaya yang lebih tinggi, tuntutan hukum, dan kerusakan reputasi.

Menurut laporan dari CDP, lembaga yang membantu perusahaan mengungkap dampak lingkungan, hanya 20% perusahaan keuangan mengukur paparan mereka terhadap risiko terkait alam, sementara 85% lainnya menghitung potensi kerentanannya terhadap dampak perubahan iklim. Analisis ini didasarkan pada pengungkapan yang dibuat oleh lebih dari 550 bank, perusahaan asuransi, dan pemilik aset kepada lembaga nirlaba tersebut tahun lalu, mewakili sekitar $8 triliun dalam kapitalisasi pasar.

"Pertimbangan terhadap risiko alam belum menjadi prioritas bagi sebagian besar" perusahaan keuangan, kata CDP. Mereka "sebagian besar masih buta terhadap risiko-risiko tersebut."

Salah satu risiko utamanya adalah biaya yang lebih tinggi. BNP Paribas SA mengatakan kepada CDP bahwa jika bank dianggap berkontribusi terhadap deforestasi, mereka dapat menghadapi risiko finansial potensial "sekitar 25% dari nilai pasar mereka" yang berasal dari tuntutan hukum, kerugian reputasi, dan faktor lainnya. Lembaga keuangan juga terpapar akibat kegiatan pemberian pinjaman dan penjaminan untuk bisnis.