Logo Bloomberg Technoz

Kebakaran Hawaii Diperkirakan Akan Membebankan Asuransi Rp49 T

News
16 August 2023 09:05

Kawasan Lahaina di Hawaii luluh lantak akibat kebakaran hutan. (Sumber: Bloomberg)
Kawasan Lahaina di Hawaii luluh lantak akibat kebakaran hutan. (Sumber: Bloomberg)

Max Reyes - Bloomberg News

Bloomberg, Kebakaran hutan yang bermula di dekat kota Lahaina, pulau Maui, Hawaii menghancurkan ribuan hektar tanah. Sebuah perusahaan pemodelan risiko mengatakan perusahaan asuransi diperkirakan akan mengeluarkan biaya sekitar US$3,2 miliar atau setara Rp49 triliun.

Estimasi dari Karen Clark & Co. merupakan data terbaru terkait biaya pembangunan kembali di Maui setelah kebakaran hutan paling mematikan di Amerika Serikat (AS) dalam lebih dari satu abad. Kebakaran ini menewaskan setidaknya 99 orang, menurut perhitungan dari pemerintah Maui. Perkiraan federal menunjukkan kerusakan keseluruhan lebih dari US$5.5 miliar.

Analisis dari Karen Clark berdasarkan citra satelit dan udara menunjukkan bahwa lebih dari 2.200 struktur berada dalam perimeter kebakaran di Lahaina, dengan 3.000 struktur tambahan terpengaruh oleh asap atau efek sekunder lainnya. Sebagian besar bangunan yang rusak adalah hunian, meskipun beberapa properti komersial juga terkena dampak.

Pemerintah daerah mengatakan bahwa kebakaran ini, salah satu dari empat kebakaran di pulau Maui yang sedang dilacak oleh otoritas, telah membakar sekitar 2.170 acre tanah dan sudah terkendali sebesar 85% pada hari Senin (14/8/2023).