Logo Bloomberg Technoz

Bank-bank Pangkas Pertumbuhan Ekonomi China, JPMorgan Jadi 4,8%

News
16 August 2023 11:40

Ekonomi China (Sumber: Bloomberg)
Ekonomi China (Sumber: Bloomberg)

Jacob Gu - Bloomberg News

Bloomberg,  Selama dua bulan berturut-turut, sejumlah data ekonomi yang mengecewakan dari China telah mendorong bank-bank investasi di seluruh dunia memangkas proyeksi pertumbuhan tahun 2023. Gelombang pemotongan proyeksi ini menunjukkan adanya risiko China gagal mencapai target resmi pertumbuhan ekonomi 5% tanpa kebijakan yang lebih berfokus.

Terbaru adalah JPMorgan Chase & Co. Bank investasi terbesar asal AS ini telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi China tahun 2023 menjadi 4,8%. Padahal awal Mei lalu, bank tersebut masih memproyeksikan ekonomi China akan tumbuh 6,4% tahun ini.

Para ekonom JPMorgan, yang dipimpin oleh Haibin Zhu, kini memperkirakan pertumbuhan China sebesar 4,2% untuk tahun depan. Setelah pertumbuhan yang relatif rendah sebesar 3% pada tahun lalu, data yang dikompilasi oleh Bloomberg menunjukkan hal ini akan membuat China mengalami pertumbuhan di bawah 5% selama tiga tahun berturut-turut sejak zaman Mao Zedong.

Tren penurunan pertumbuhan ekonomi China (Bloomberg)

Sementara itu, Barclays Plc memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi China sebesar 0,4 persen poin, menjadi 4,5% untuk tahun ini, sambil tetap mempertahankan proyeksi tahun 2024 di bawah konsensus sebesar 4%.