Logo Bloomberg Technoz

Harga Bitcoin Melandai, Tak Bergairah, Wait & See Data AS

Muhammad Julian Fadli
04 August 2023 11:35

Ilustrasi industri kripto atau cryptocurrency dengan Bitcoin sebagai aset paling berharga. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi industri kripto atau cryptocurrency dengan Bitcoin sebagai aset paling berharga. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga Bitcoin (BTC) terus melandai. Saat ini harganya tengah berkonsolidasi pada rentang harga US$28.840 hingga US$29.400 dalam satu pekan terakhir.Saat tulisan ini dibuat Bitcoin bertengger di level yang stabil US$29.126.

Adapun Bitcoin sempat menguat pada Rabu (2/8/2023) kemarin ke kisaran US$29.980, merespon positif dari sentimen Halving Litecoin (LTC) yang akan gencar terjadi pada Agustus. 

Sebagai informasi, halving biasanya terjadi sekitar empat tahun sekali dan mekanisme ini akan mengurangi distribusi permintaan kripto ke pasar karena adanya pemotongan b atau hadiah kepada penambang kripto. 

Pergerakan Harga Bitcoin Melandai dalam 10 Hari Perdagangan (Bloomberg)

“Pengaruh halving biasanya bersifat bullish untuk jangka panjang bagi sebuah aset kripto. Pengaruh Halving Litecoin (LTC) akan terus berlanjut hingga tahun ke depan, sejalan dengan adanya Bitcoin Halving pada 2024 mendatang, yang berdasarkan historisnya berhasil mendongkrak mayoritas pasar kripto ke arah Bullish,” jelas Panji Yudha Financial Expert Ajaib Kripto.

Mengutip data CoinMarketcap, Jumat (4/8/2023), top 10 market caps aset kripto mengalami pergerakan yang melandai. Adapun penurunan paling dalam terjadi pada Solana (SOL) mencapai 2,2% dalam 24 jam, atau melemah 8,8% dalam sepekan menuju harga US$22,70.