Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Hulu (PHE) Batal IPO Karena Harga Minyak, Cek Faktanya

Muhammad Julian Fadli
28 July 2023 15:39

Pertamina Hulu Energi. (Dok. Pertamina Hulu Energi)
Pertamina Hulu Energi. (Dok. Pertamina Hulu Energi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian BUMN memastikan perhelatan pencarian dana segar atau Initial Public Offering (IPO) PT Pertamina Hulu Energi (PHE) batal digelar tahun ini. Keputusan ini mempertimbangkan kondisi pasar dan harga minyak.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo memastikan hal tersebut. "(IPO batal) karena mempertimbangkan momentum pasar dan harga minyak," papar Wamen BUMN dengan sapaan akrab Tiko tersebut kepada Bloomberg Technoz, Rabu (26/7/2023) kemarin.

Menyusul batalnya IPO, PHE saat ini akan fokus meningkatkan operasional bisnis untuk meningkatkan eksplorasi dan kapasitas produksi pada operasional sumur-sumur minyak perusahaan. Caranya, dengan mencari mitra atau partner bisnis.

Akan tetapi Tiko belum mengungkap detail skema kemitraan, apakah menggunakan skema seperti kerjasama operasi atau adanya suntikan modal.

Melanjutkan pelaksanaan IPO PHE hingga apakah pencatatan perdana saham (Listing) tetap akan dilanjutkan tahun depan, Tiko belum bisa memberikan kepastian.