Logo Bloomberg Technoz

Pasar Grosir Online Peeba Diluncurkan di Asia Tenggara

27 July 2023 15:31

Dok. Peeba
Dok. Peeba

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peeba, pasar grosir online yang baru-baru ini didukung oleh Y Combinator, secara resmi meluncurkan ekspansinya ke Asia Tenggara dengan membuka kantor di Indonesia. Didirikan di Hong Kong pada tahun 2020, Peeba bekerja dengan sekitar 3.000 merek di seluruh dunia, menghubungkan mereka dengan lebih dari 30.000 toko ritel. Peeba bertujuan untuk mengubah cara berbisnis bagi para peritel kecil yang menghadapi tantangan unik saat mereka berusaha tetap kompetitif dan memenuhi permintaan konsumen yang terus berubah. Dengan memberdayakan peritel kecil, baik online (termasuk TikTok Shop dan Instagram) maupun offline, untuk dapat bersaing dengan peritel besar, Peeba siap untuk mengubah lanskap ritel tradisional di Indonesia.

Peeba adalah pasar grosir online B2B dengan model "jual dulu, bayar kemudian" yang terbuka bagi peritel kecil. Bekerja sama dengan merek-merek global, termasuk di Amerika Utara, Eropa, dan Asia, Peeba memungkinkan toko ritel di seluruh Indonesia untuk membeli produk dari ribuan merek terpilih secara konsinyasi. Artinya, mereka tidak perlu membayar di muka, sehingga mereka dapat menyimpan stok produk berkualitas tinggi di toko mereka dan hanya membayar untuk barang-barang yang berhasil terjual, sementara sisanya dikembalikan ke Peeba. Selain itu, Peeba akan mengurus logistik, bea cukai, dan pajak lintas batas secara end-to-end sambil memastikan bahwa barang-barang dikirim ke peritel dengan lancar.

Peeba menawarkan sejumlah fitur yang akan sangat berguna bagi para peritel, termasuk:

  • Beragam produk dari berbagai merek unik: Peeba telah bekerja sama dengan ribuan merek ternama, baik lokal maupun internasional, untuk memberikan akses kepada peritel independen terhadap berbagai macam produk. Dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin Peeba, para peritel dapat dengan mudah terhubung dengan merek-merek yang dipastikan akan laris di toko mereka.
  • Ketentuan Pembayaran Net-60 hari: Peritel tidak perlu mengeluarkan biaya persediaan di muka saat membeli produk untuk toko mereka di Peeba. Mereka dapat membayar dalam waktu 60 hari tanpa bunga, memberi mereka fleksibilitas yang lebih besar.
  • Pengembalian Gratis dan Mudah: Peeba memungkinkan peritel untuk dengan mudah mengembalikan produk yang tidak terjual secara online dengan menggunakan label pengiriman pra-dibayar. Hal ini membuat proses pengembalian menjadi lebih praktis dan tanpa repot.

Fitur-fitur ini membuat Peeba menjadi platform yang ideal bagi peritel untuk membeli produk, mengelola persediaan, dan meningkatkan penjualan.

"Tumbuh dan suksesnya usaha mikro menjadi komitmen utama Peeba. Meskipun model grosir telah mengalami perkembangan selama bertahun-tahun, peritel kecil di Asia Tenggara masih menghadapi kesulitan dalam mengubah cara mereka melakukan pembelian untuk toko mereka secara signifikan. Oleh karena itu, Peeba berupaya menyeimbangkan kesempatan bagi peritel kecil dengan memberikan akses ke ribuan merek terkemuka secara online tanpa perlu membayar biaya persediaan di muka, dan inisiatif ini dimulai dari Indonesia. Tak hanya itu, kami juga memberikan dukungan bagi merek-merek kami untuk meningkatkan penjualan di pasar-pasar baru tanpa kerumitan yang berarti," ujar Jacky Lai, pendiri dan CEO Peeba.