Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Hartarto: Golkar Tak Ada Munaslub

Sultan Ibnu Affan
26 July 2023 13:10

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejagung, Senin (24/7/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejagung, Senin (24/7/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, partai berlambang pohon beringin tersebut tak akan menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub) tahun ini. Hal ini disampaikan untuk membantah kabar masifnya gerakan yang berupaya melengserkan dirinya dari pucuk pimpinan Partai Golkar. 

"Golkar tidak ada Munaslub," kata Airlangga saat ditemui usai acara Sewindu PSN di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2023).

Meski demikian, dia menolak berkomentar lebih detil tentang gerakan dan upaya politik sejumlah kader Golkar yang mendorong pelaksanaan Munaslub sebelum Pemilu 2024. Berdasarkan rekam jejak Golkar, partai ini memang kerap menggelar Munaslub untuk memaksa penggantian ketua umum menjelang atau usai Pemilu. 

Belakangan, sejumlah kader Golkar memang rajin menghembuskan isu kegentingan Munaslub 2023. Mereka mengklaim kecewa terhadap Airlangga yang belum menentukan posisi koalisi untuk Pemilu 2024. Selain itu Kejaksaan Agung juga baru saja memanggil dan memeriksa Airlangga dalam dugaan kasus korupsi izin ekspor minyak goreng. Partai Golkar khawatir kalau ketua umumnya tersebut berpotensi terseret menjadi pesakitan dalam kasus tersebut. 

Sesuai hasil Munas 2019, Partai Golkar sendiri memang mengamanatkan kepada ketua umum atau Airlangga untuk menentukan calon presiden dan koalisi pada Pemilu 2024. Sejumlah kader menilai, Golkar yang punya 14,78% kursi DPR harusnya bisa memimpin sebuah koalisi, bukan hanya pengikut.