Logo Bloomberg Technoz

Pengamat: Data Pribadi dan UMKM terancam Ekspansi TikTok Shop

Elisa Valenta
25 July 2023 07:30

TikTok. (dok Andrew Harrer/Bloomberg)
TikTok. (dok Andrew Harrer/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekspansi TikTok melalui Project S atau TikTok Shop dinilai akan membawa risiko bagi industri UMKM di Tanah Air. Tiktok Shop merupakan Social Commerce asal China yang menggabungkan antara fitur e-commerce dengan platform media sosial.

Peneliti Center of Digital Economy and SMEs INDEF Izzudin Al Farras menilai terdapat dua isu terhadap konsep Social Commerce yang diusung oleh perusahaan teknologi asal China tersebut. Pertama adalah isu perlindungan data pribadi. Ia menyebut akan ada risiko data yang diambil pada media sosial digunakan untuk perdagangan pada e-commerce.

"Pemerintah perlu mengakselerasi peraturan turunan dari Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) agar data pribadi konsumen menjadi aman dan dapat dipertanggungjawabkan oleh para pengelola data pribadi, termasuk oleh platform Social Commerce," katanya dalam keterangan resmi dikutip Selasa (25/7).

Isu kedua, lanjutnya adalah isu kesamaan atau level of playing field antara produk yang dipromosikan Social Commerce dengan produk UMKM lokal. 

Hal ini lantaran data yang digunakan TikTok sebagai media sosial memudahkan Tiktok Shop sebagai e-commerce untuk mengetahui preferensi konsumen Indonesia.

Riset: TikTok Shop Akan Jadi Ancaman Bagi Shopee, Bukan Tokopedia (Infografis/Bloomberg Technoz)