Logo Bloomberg Technoz

Penuhi Panggilan, Airlangga Hartarto Tiba di Kejaksaan Agung

Arif Subakti
24 July 2023 08:50

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Senin (24/7/2023). Dia diperiksa sebagai saksi kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO). Airlangga dilaporkan sudah hadir di gedung Kejagung, Jakarta, pagi ini.

Sedianya Airlangga diperiksa pada pekan lalu tetapi dia tidak memenuhi panggilan Kejagung. Airlangga pagi ini tiba menjelang pukul 08.30 WIB mengenakan kemeja batik dan celana hitam. Dia hanya menyapa singkat awak media yang menunggu dan langsung masuk ke dalam gedung Kejagung.

Sebelumnya Airlangga memang sudah menyatakan dia akan memenuhi panggilan Kejaksaan Agung yang kedua.

"Ya tentu saya akan hadir saja, karena tentu sesuai dengan (waktu) nanti undangan," ujar Airlangga saat ditemui di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Pemanggilan Airlangga dilakukan tak lama setelah penetapan tersangka baru atas tiga korporasi. Diketahui tiga korporasi itu adalah PT Wilmar Nabati Indonesia atau Wilmar Group (WG), PT Permata Hijau Group (PHG) dan PT Musim Mas atau Musim Mas Group (MMG). Pada bulan ini, Kejaksaan diketahui juga sudah menggeledah dan menyita sejumlah aset dari tiga korporasi tersebut.