Logo Bloomberg Technoz

Arab Saudi Akan Naikkan Harga Minyak untuk Pembeli Asia

News
06 July 2023 21:30

Kilang Minyak. (dok Bloomberg)
Kilang Minyak. (dok Bloomberg)

Sharon Cho, Serene Cheong dan Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg,  Arab Saudi akan menaikkan harga minyak mentah andalannya untuk pembeli Asia setelah produsen utama OPEC+ tersebut pekan ini mengatakan akan memperpanjang pengurangan produksi minyak untuk satu bulan lagi.

Menurut daftar harga yang dilihat oleh Bloomberg, perusahaan milik negara Saudi Aramco menetapkan harga jual resmi minyak mentah Arab Light dengan premium plus US$3,20 per barel untuk Agustus. Padahal, hampir semua trader dan penyuling yang disurvei oleh Bloomberg sebelum pengumuman tersebut memperkirakan tidak ada perubahan harga.

Arab Saudi juga menaikkah harga minyak mentah Arab Medium dan Arab Heavy untuk penjualan ke Asia, namun memangkas harga barel Super Light.

Upaya Arab Saudi untuk menopang pasar minyak akan dibantu oleh Rusia yang juga menjanjikan pengurangan ekspor untuk bulan Agustus, meskipun pengumuman tersebut memiliki dampak yang tidak terlihat pada benchmark kontrak berjangka. Pembeli di Asia mungkin akan mencari alternatif pasokan minyak di tempat lain jika pembatasan tersebut membuat mereka kehilangan barel, atau jika kargo dari Timur Tengah dianggap terlalu mahal.