Logo Bloomberg Technoz

Kencangkan Pembatasan

Pemerintahan Biden pada Oktober mengumumkan rencana memperketat kendali ekspor untuk membatasi penjualan sejumlah cip kecerdasan buatan (AI) ke China. Upaya tersebut dilakukan untuk menahan pengembangan teknologi China yang dianggap sebagai kunci bagi masa depan geopolitik dan ekonomi negara tersebut. 

Langkah-langkah yang dibahas itu termasuk  juga membatasi akses cloud untuk pengembangan AI China dan ini pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal pekan lalu.

Di bawah usul rencana Departemen Perdagangan yang lebih luas, AS akan merevisi kendali ekspor untuk mempersulit penjualan beberapa cip ke China tanpa lisensi dan ini diprediksi dimulai pada Juli.

Aturan ini ditujukan kepada sebagian cip A800 Nvidia Corp., yang dirancang oleh perusahaan yang berbasis di AS tersebut setelah langkah kendali sebelumnya diumumkan. Konfigurasi produk itu berada dalam batas tersebut.

Perang teknologi AS dan China semakin menguat. Pada Senin (03/07) Beijing memberlakukan pembatasan ekspor logam yang penting bagi industri cip, kendaraan listrik, dan pertahanan. Hal ini menunjukkan bahwa China punya kekuatan untuk membalas tindakan AS, Jepang, dan Eropa yang ingin menghentikan China memajukan teknologi.

--Dengan asistensi dari Akayla Gardner.

(bbn)

No more pages