Logo Bloomberg Technoz

Coldplay Sebut Emisi dari Konser Mereka Turun 47%

Krizia Putri Kinanti
02 July 2023 16:30

Grup band Coldplay (Bloomberg)
Grup band Coldplay (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Coldplay, sebagai band pencinta linkungan, telah berhasil mengurangi jejak emisi karbon pada tur "Music of the Spheres" mereka di berbagai negara.

Dalam keterangan resmi di laman Coldplay.com, pihaknya menjelaskan bahwa saat Coldplay dan team pertama kali mengumumkan Tur Music Of The Spheres, pihaknya berharap dapat membuat diri mereka semanfaat mungkin bagi lingkungan dan mengurangi emisi karbon langsung dari produksi pertunjukan, pengangkutan, perjalanan band dan kru sebesar 50%. 

Data emisi dari 12 bulan pertama tur kini telah disusun, dinilai dan divalidasi secara independen oleh Prof. John E. Fernandez dari Inisiatif Solusi Lingkungan MIT.

“Pada perbandingan show-by-show, Music Of The Spheres Tour sejauh ini menghasilkan emisi CO2e 47% lebih sedikit daripada tur stadion terakhir kami (2016-17). Ini adalah awal yang baik dan sesuatu yang harus dibanggakan oleh kru kami yang luar biasa  tetapi jelas masih ada ruang untuk perbaikan,” ujar pernyataan Coldplay yang dikutip Minggu (2/7/2023).

Kini tur Coldplay telah memasuki tahun kedua, dan pihak Coldplay mencoba untuk menjalankan keseluruhan pertunjukkan mulai dari audio, pencahayaan dari sistem baterai elektrik dengan 100% energi terbarukan seefisien mungkin.