Logo Bloomberg Technoz

Begini Cara China Gaet Investor Asing ke Zona Perdagangan Bebas

News
30 June 2023 15:50

Presiden China Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping

Bloomberg News

Bloomberg, China meluncurkan sejumlah langkah untuk membuka zona perdagangan bebas. Ini merupakan upaya para pemimpin China  menarik para investor asing.

Pemerintah akan menguji sejumlah aturan perdagangan internasional di zona perdagangan bebas, atau pelabuhan yang memenuhi syarat. Hal tersebut disampaikan melalui dokumen yang dirilis pada Kamis (29/6/2023) oleh Dewan Negara, Kabinet China.

"Ini merupakan sinyal bagi komunitas investor asing bahwa China secara bertahap mulai membuka pintu lebih lebar," kata Frederic Neumann, kepala ekonom Asia di HSBC Holdings Plc di Hong Kong.

Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Qiang dalam beberapa pekan terakhir menyampaikan pidato tentang komitmen China untuk membuka diri, dan berjanji untuk melindungi para investor asing. Langkah tersebut dilakukan setelah pemerintah China melakukan pengawasan keras dan penggerebekan pada perusahaan-perusahaan asing yang membuat berkurangnya kepercayaan investor. Ditambah lagi dengan upaya untuk "de-risk" atau mengurangi ketergantungan rantai pasokan pada China, semakin mengaburkan prospek pertumbuhan negara tersebut ke depannya.