Logo Bloomberg Technoz

Balon Mata-mata China yang Bikin Gempar Berisi Teknologi AS

News
29 June 2023 15:20

Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)
Bendera Amerika Serikat dan China. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dihebohkan dengan balon mata-mata China yang diduga melayang di atas negaranya pada awal tahun ini. Wall Street Journal melaporkan, seorang sumber anonim menyebut balon tersebut bahkan dilengkapi dengan peralatan pengawasan buatan Amerika.

Analisis yang dilakukan oleh Badan Pertahanan dan Intelijen AS tentang puing-puing yang ditemukan setelah balon tersebut ditembak jatuh oleh militer AS di lepas pantai Carolina Selatan pada Februari, menemukan bahwa balon tersebut berisi peralatan buatan Amerika yang tersedia secara komersial. Beberapa di antaranya dijual online dan dilengkapi oleh sensor buatan China yang lebih terspesialisasi.

Meskipun balon tersebut dilengkapi dengan peralatan untuk mengumpulkan foto, video, dan informasi lainnya selama delapan hari perjalanannya di atas AS dan di beberapa wilayah Kanada, balon tersebut tampaknya tidak mengirimkan data apapun ke China. Wall Street Journal melaporkan hasil investigasi yang mengutip salah satu pejabat dari Departemen Pertahanan dan Intelijen AS.

Hasil investigasi bertentangan dengan laporan sebelumnya oleh NBC News yang mengatakan bahwa China dapat mengirimkan informasi yang dikumpulkan secara real time. Hasil yang berhasil dikumpulkan sebagian besar dari sinyal elektronik dan bukan gambar, kata NBC News mengutip tiga pejabat senior dan mantan pejabat AS yang tak diketahui identitasnya.