Logo Bloomberg Technoz

Tetap Misteri, Intelejen Amerika Belum Temukan Asal Usul Covid-19

News
24 June 2023 14:00

Tenaga kesehatan melihat sampel tes Covid-19 di layanan tes Covid-19 di Jakarta, Senin (8/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Tenaga kesehatan melihat sampel tes Covid-19 di layanan tes Covid-19 di Jakarta, Senin (8/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Riley Griffin -- Bloomberg News

Bloomberg, Sejumlah badan intelijen Amerika Serikat (AS) belum menemukan bukti kuat tentang asal usul penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19. Berdasarkan sebuah dokumen laporan yang dirilis, Jumat (23/6/2023), intelejen sempat memeriksa penyebab sakitnya sejumlah peneliti yang bekerja di laboratorium Wuhan pada musim gugur 2019, atau beberapa saat sebelum kasus pertama Covid-19 ditemukan.

Dalam laporan tersebut, Kantor Direktur Intelijen Nasional mengungkap tentang sejumlah dugaan yang terjadi di Institut Virologi Wuhan. Selain peneliti yang tiba-tiba sakit, mereka juga memeriksa potensi adanya kegiatan penelitian yang melibatkan tentara nasional China.

Namun, hingga dokumen ini dirilis ke publik, tidak ada satu pun intelijen yang secara pasti mampu membuktikan adanya kegiatan di laboratorium Wuhan yang berkaitan dengan pandemi dengan korban hampir 7 juta jiwa di dunia tersebut.

Sebelumnya, Presiden Amerika, Joe Biden memang menandatangani undang-undang yang mewajibkan deklasifikasi dokumen intelejen yang berkaitan dengan Pandemi Covid-19. Harapannya, dokumen-dokumen tersebut mampu mengungkap tentang asal usul virus tersebut.