Logo Bloomberg Technoz

Banyak Pegawai Berniat Resign, Tapi Harus Siap Bersaing dengan AI

News
23 June 2023 09:20

Orang yang bekerja dengan kecerdasan buatan (Dok. Envato)
Orang yang bekerja dengan kecerdasan buatan (Dok. Envato)

Mia Gindis - Bloomberg News - 

Bloomberg, Angka resign atau berhenti kerja menurun pasca terjadinya turnover massal dengan fenomena Great Resignation alias gelombang resign besar-besaran, akan tetapi data yang dirilis oleh PwC menunjukkan keinginan para pekerja untuk berhenti bekerja telah bergeser ke level akhir hirarki sebuah perusahaan - pekerja tak terspesialisasi.

Studi menunjukkan bahwa lebih dari satu di antara empat (26%) pekerja kantor tanpa spesialisasi seperti asisten administrasi, mencari peluang berganti pekerjaan 12 bulan ke depan, naik dari 19% dibanding tahun lalu. 

Studi tersebut menyurvei 54.000 pekerja di 46 negara dan kawasan tentang pandangan dan sikap mereka terhadap kecerdasan buatan dan perubahan ekonomi, juga mengidentifikasi “kesenjangan spesialisasi” yang, jika tidak ditangani, dapat membuat pekerja yang tidak memiliki pelatihan lanjutan sangat rentan terhadap pengangguran dan kesulitan keuangan.

(Sumber: Bloomberg)

Kelompok ini merasakan beban tekanan keuangan yang disebabkan oleh tingkat inflasi dan ekonomi yang tidak stabil, dengan proporsi pekerja yang mengatakan memiliki sisa uang pada akhir bulan menurun menjadi 38% tahun ini, dari 47% pada tahun 2022. Hampir satu dari lima responden melaporkan mengambil pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan mereka, seringkali karena kebutuhan daripada keinginan untuk mempelajari keterampilan baru.