Logo Bloomberg Technoz

Isu dugaan manipulasi laporan atau neraca keuangan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) mulai menemukan titik terang. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memusatkan perhatian pada alokasi penyertaan modal negara (PMN) yang diterima oleh emiten BUMN Karya tersebut.

Juru Bicafra BPKP Azwad Zamroddin Hakim menjelaskan, instansinya memang tengah melakukan audit terhadap Waskita. Namun, audit lebih ke arah penelaahan penyaluran PMN, bukan mengenai dugaan manipulasi.

"Bisa kami sampaikan [audit] hanya dalam proyek tujuh ruas tol," ujar Azwad kepada Bloomnerg Technoz belum lama ini. 

Dia belum bisa mengungkapkan tujuh ruas tol mana yang dimaksud. "Secara teknis, hanya itu yang bisa kami sampaikan," imbuhnya.

Namun, berdasarkan penelusuran, WSKT sempat kembali menerima setoran dari negara berupa PMN pada 29 Desember 2021 dengan nilai Rp7,9 triliun.

Ketua Komite Tetap Energi Terbarukan Kadin, Muhammad Yusrizki ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi menara BTS 4G. (Dok Humas Kejagung)

Profil Yusrizki Tersangka Korupsi BTS, Direktur Basis Investment

Kejaksaan Agung menetapkan Ketua Komite Tetap Energi Terbarukan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Muhammad Yusrizki sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung 2,3,4 dan 5 Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menurut JAMPidsus Febrie Ardiansyah, Yusrizki sebagai Direktur Utama PT BUP ditunjuk untuk menyediakan panel surya sistem dalam proyek pengadaan infrastruktur BTS 4G paket 1—5. Dalam proyek tersebut, dia diduga melakukan tindak pidana bersama-sama dalam penyediaan perangkat.

"Oleh yang bersangkutan [Yusrizki] bersama-sama dengan tersangka lain, yang telah kita tetapkan terlebih dahulu," kata Febrie, dalam konferensi pers, Kamis (15/6).

Dalam kasus ini, penyidik menjerat Yusrizki dengan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Juncto Pasal 18 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. 

Yusrizki diketahui merupakan Managing Director Basis Investment, perusahaan investasi yang dimiliki oleh Hapsoro Sukmonohadi atau dikenal sebagai Happy Hapsoro, suami dari Ketua DPR RI Puan Maharani. Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid juga diketahui memiliki saham di Basis Investment.

Lionel Messi. (dok Bloomberg)

Messi, Di Maria, Otamendi Absen di Laga Timnas vs Argentina

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Argentina Lionel Scaloni memastikan tiga bintang tim berjulukan Albiceleste tersebut tak akan ikut terbang ke Indonesia. Para pemain inti Timnas Argentina yang tak akan ikut dalam laga melawan Timnas Indonesia adalah Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi.

"Messi, Di Maria dan Otamendi istirahat, karena sebuah keputusan saya. Mereka tidak meminta itu," kata Scaloni dalam wawancara dengan TyCsports usai melawan Timnas Australia di China, Kamis (15/6/2023).

Menurut dia, tiga pemain tersebut sudah menjalani musim pertandingan dan laga sepak bola berturutan sejak perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar. Berdasarkan catatan Tim Tango, La Pulga sudah menjalani 175 laga; Di Maria 132 laga; dan Otamendi 103 laga.

"Itu adalah keputusan saya untuk memberi mereka istirahat bersama keluarga mereka," ujar Scaloni.

Kabar batalnya Messi absen dalam laga Indonesia Vs. Argentina sudah santer dalam beberapa pekan terakhir. Jurnalis yang dekat dengan Timnas Argentina, Gaston Edul sudah memberikan petunjuk tentang rencana Messi langsung pergi dari China usai laga vs Timnas Australia.

Pengusaha, Jusuf Hamka di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (13/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Sri Mulyani Ungkap Alasan Negara Belum Lunasi Utang Jusuf Hamka

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya mengungkap alasan mengapa negara belum juga melunasi tagihan utang yang diajukan oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) milik pengusaha jalan tol Jusuf Hamka.

Diberitakan sebelumnya, Jusuf menagih pengembalian dana deposito milik CMNP yang belum dibayarkan oleh pemerintah sejak krisis moneter tahun 1998 sekitar Rp170 miliar. Kini total nilai utang pemerintah kepada perusahaan Jusuf Hamka itu ditaksir Rp800 miliar jika dihitung termasuk bunga.

Sri Mulyani mengatakan pihaknya masih perlu waktu untuk mempelajari detil masalah yang telah terjadi puluhan tahun lalu. 

Dia mengatakan Bank Yakin Makmur (Yama) adalah bank mantan debitur Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang kepemilikannya diambil oleh pemerintah pada saat krisis keuangan 1998. Bank Yama, yang dimiliki oleh Siti Hardiyanti Rukmana alias Tutut Soeharto, anak mantan Presiden Soeharto, disebut memiliki afiliasi dengan CMNP.

"Di mana di situ ada berbagai prinsip-prinsip mengenai afiliasi dan kewajiban dari mereka yang terafiliasi," kata Sri Mulyani di DPR, Senin (12/6/2023).

Sejumlah kendaraan mengatre akibat kemacetan di kawasan Jenderal Sudirman, Selasa (21/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Luhut: Pemerintah Akan Persulit Akses Mobil yang Masih Pakai BBM

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah dalam waktu dekat akan membatasi ruang gerak mobil konvensional yang masih menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

“Kita secara bertahap akan mulai 'mempersulit', ya dalam tanda kutip, mobil-mobil combustion [mesin yang menggunakan BBM atau mesin konvensional],” katanya saat membuka acara peluncuran Battery Asset Management Service (BAMS) di Kantor Kemenko Marves, Senin (12/6/2023).

Sayangnya, Luhut tidak mendetailkan seperti apa mekanisme pembatasan mobil konvensional yang akan diterapkan. Namun, ada kemungkinan pembatasan tersebut akan dimulai di Jakarta agar tingkat polusi udara bisa dikurangi.

Seperti diketahui, belakangan ini kondisi udara di Jakarta tergolong tidak sehat. Bahkan, Ibu Kota masuk dalam 10 besar kota dengan tingkat polusi tertinggi di menurut situs pemantauan kualitas udara IQAir.

“Dengan demikian, air quality Jakarta bisa lebih baik, sehingga keluarga kita akan mendapat air quality seperti mungkin di negara tetangga kita," ujar Luhut.

Presiden Jokowi buka agenda Indonesia Emas 2045: Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan (YouTube Bappenas)

96 Negara Kini 'Pasien' IMF, Jokowi Tak Sudi Rupiah Disia-siakan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan anggaran yang ada dalam APBN dan APBD harus digunakan dengan hati-hati dan produktif. Dia mengatakan, untuk mendapatkan uang untuk pembiayaan baik berupa pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), royalti dan dividen bukan hal mudal. Ditambah kondisi ekonomi dunia yang sedang buruk. Terbukti pada pekan lalu, secara teknikal zona Euro masuk dalam resesi ekonomi.

Jokowi mengatakan, dia juga sempat berbicara dengan Managing Director IMF Kristalina Georgieva dan diungkap bahwa kini sudah ada 96 negara yang menjadi "pasien" IMF yakni lembaga pendanaan internasional itu.

"Kita tahu situasi global tidak mendukung, situasi ekonomi dunia juga tidak mendukung, saat di Jepang di Hiroshima di G7 kemarin, saya bertemu dengan Managing Director IMF ibu Kristalina Georgieva. Beliau meyampaikan yang menjadi pasien IMF sekarang ini sudah 96 negara; 96 negara," kata Jokowi saat membuka acara Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah yang diadakan BPKP di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

"Dahulu (pada) 1998 hanya berapa sih 10 aja enggak ada, sudah geger semua. Ini 96 negara menunjukkan situasi dunia sekarang ini betul-betul pada situasi yang sangat sulit," tegasnya.

Konser Coldplay (Sumber: Instagram Coldplay)

Tiket Konser Coldplay di Singapura Lebih Murah, Tamparan Buat RI

Keputusan grup musik asal Inggris Coldplay menggelar konser di Singapura selama 4 hari dibandingkan dengan konser semalam saja di Jakarta, menggemakan lagi PR besar Indonesia meningkatkan daya saing dalam menarik investasi asing masuk.

Birokrasi yang efisien, infrastruktur mapan dan yang mencolok, tingkat korupsi yang rendah, telah membuat Singapura -negara dengan luas cuma sebesar provinsi DKI Jakarta itu, menjadi destinasi unggul di kawasan ASEAN dengan daya tarik tinggi di mata pemodal global.

Mengutip pengumuman yang dilansir oleh Live Nation di akun Instagram @livenationsg, Coldplay akan menggelar konser selama empat hari berturut-turut mulai 23—27 Januari di National Stadium Singapura. Akun yang sama juga mengumumkan harga tiket konser Coldplay yang dijual mulai 19 Juni. 

Menariknya, harga tiket konser Coldplay di Negeri Singa lebih murah dibandingkan tiket konser Coldplay di Jakarta. Sebagai gambaran, harga tiket termahal adalah untuk kategoir CAT1 dibanderol sebesar S$298 atau sekitar Rp3,3 juta, lalu disusul CAT2 seharga S$268, sekitar Rp2,9 juta.

Patrick Walujo, Cofounder & Managing Partner Northstar Group. Foto: Indra Leonardi

Patrick Walujo CEO GOTO, Kompetisi Bank Digital Makin Dinamis

Dinominasikannya Patrick Walujo sebagai Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dinilai akan berdampak signifikan ke bisnis pinjaman (consumer lending) PT Bank Jago Tbk (ARTO) dan GOTO Finansial (GTF). Menurut analis, kolaborasi kedua emiten di segmen tersebut bakal membuat pergerakan harga saham Jago dan GOTO semakin atraktif dalam tren naik. 

Patrick yang sudah lama dikenal sebagai Co Founder firma investasi Northstar Group memang sudah tidak asing lagi bagi GOTO dan JAGO. Pada 2015, Northstar Group berinvestasi di startup Gojek tepat setahun sebelum menyandang status unicorn.

Bisa dikatakan Patrick telah bersama dengan Gojek dan sekarang menjadi GOTO selama tak kurang dari 8 tahun. Bersama CEO GOTO Andre Soelistyo, Nadiem Makarim, William Tanuwijaya  dan para founder lainnya, ia ikut membesarkan perusahaan ini.  

Sementara itu, Patrick tercatat sebagai salah satu pemegang saham pengendali di Bank Jago, bersama bankir inovator Jerry Ng, sejak 2019. Kedua nya sudah lama berkongsi dan sukses besar saat mengendalikan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) sebelum dilepas ke Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC). Selain di Bank Jago, keduanya juga menyandang status pengendali PT BFI Finance Tbk (BFIN), perusahaan multifinance, melalui Trinugraha Capital. 

Ilustrasi Gas 3Kg. (Dok. Pertamina)

Kuota Bengkak Jadi 8,2 Juta Ton, LPG 3 Kg Diperketat Mulai 2024

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menduga makin bengkaknya kuota volume LPG 3 Kg dalam APBN dari tahun ke tahun dipicu oleh masih banyaknya masyarakat yang mengakses tabung ‘melon’ tersebut di luar ketentuan.

Dalam kaitan itu, Dirjen Minyak dan Gas (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji tidak menampik penyaluran gas minyak cair atau liquified petroleum gas (LPG) tabung 3 kilogram (kg) selama ini masih belum tepat sasaran.

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah akan segera menganalisis data dari program Pensasaranan Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) guna memastikan siapa saja kalangan masyarakat yang berhak mengakses LPG 3 Kg dari program kewajiban pelayanan publik atau public service obligation (PSO). 

“Kami menduga LPG itu lari ke tempat yang tidak semestinya, jadi [pasok] LPG-nya habis terus. Nanti hasil analisis dari P3KE, kita punya Desil 1 sampai Desil 5 dan seterusnya, kita potong mana yang bisa menerima atau berhak. Itu punya sejarah data yang lama. Dari data itu nanti bisa kita tentukan,” ujarnya seusai rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (14/6/2023).

Sekadar catatan, kuota penyaluran LPG 3 Kg dalam kerangka PSO di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 dipatok sebanyak 8 juta ton. Namun, Kementerian ESDM memperkirakan realisasi penyaluran sampai dengan akhir tahun ini akan melebihi kuota, yaitu di rentang 8,2 juta—8,3 juta ton. 

Ilustrasi: Kapal ekspor di galangan kapal IPC Car Terminal di Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Indonesia. (Dok. Dimas Ardian/ Bloomberg)

Impor Mei US$ 21,28 M, Neraca Dagang Surplus 37 Bulan Beruntun

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data perdagangan internasional Indonesia. Impor mampu tumbuh positif tetapi neraca perdagangan masih membukukan surplus.

Pada Kamis (15/6/2023), Deputi Kepala BPS Bidang Neraca dan Analisis Statistik Moh Edi Mahmud mengumumkan nilai ekspor pada Mei 2023 adalah US$ 21,28 miliar. Naik 14,35 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg menghasilkan median proyeksi pertumbuhan impor Mei 2023 sebesar -9% yoy. Secara bulanan (month to month/mtm), impor melonjak 38,65%.

"Tiga tahun terakhir ini, seperti yang terjadi pada ekspor, setelah pascalibur lebaran impor selalu menujukan pola yang meningkat," kata Edi dalam konferensi pers di kantornya.

(wdh)

No more pages