Logo Bloomberg Technoz

Trader Hindari Token ‘Receh’,Berbondong-bondong ke Bitcoin

News
16 June 2023 12:20

Pergerakan Bitcoin menguji level US$25.000. (dok Bloomberg)
Pergerakan Bitcoin menguji level US$25.000. (dok Bloomberg)

Suvashree Ghosh, David Pan and Akshay Chinchalkar - Bloomberg News

Bloomberg, Pencapaian Bitcoin terhadap total nilai pasar koin kripto berada di level tertinggi dalam 20 bulan terakhir. Ini menjadi sinyal dari pelaku pasar yang sedang berhati-hati pada penempatan aset digital.

Token paling bernilai Bitcoin kembali mendekati harga US$25.000 pada Kamis waktu setempat, dengan capaian kapitalisasi pasar US$484 miliar atau Rp7.200 triliun (kurs Rp14.900 US$). Nilai Bitcoin setara 45,8% dari 10.000 koin yang terlacak pada aplikasi CoinGecko. Ini menjadi persentase tertinggi sejak Oktober 2021.

Komisi Sekuritas dan Bursa atau  Securities and Exchange Commission (SEC) melayangkan tuduhan kepada  Binance Holdings Ltd. dan Coinbase Global Inc. minggu lalu dengan tuduhan pembiaran pada sekuritas yang tidak terdaftar. Langkah SEC mendorong penjualan pada koin-koin tersebut dengan kondisi mereka menjadi sulit untuk ditransaksikan.

Pergerakan Bitcoin menguji level US$25.000. (dok Bloomberg)

Hal yang sebaliknya, regulator AS justru menyebutkan Bitcoin sebagai komoditas dan membuat pembalikan arah di tengah tren penurunan terburuk pada seluruh koin efek dari gugatan SEC terhadap altcoin, seperti BNB Binance, ADA Cardano, dan SOL Solana.