Logo Bloomberg Technoz

Coinbase Terancam Kehilangan Pasar, Dicaplok Robinhood

News
16 June 2023 11:10

Coinbase. (dok Bloomberg)
Coinbase. (dok Bloomberg)

Bre Bradham - Bloomberg News

Bloomberg, Pada pedagang ritel koin kripto Coinbase Global Inc. mungkin akan beralih ke platform Robinhood Markets Inc, menurut seorang analis. Berdasarkan data bulan April, Dan Dolev, Analis Mizuho Securities, memberi indikasi Coinbase akan kehilangan pangsa pasar dalam volume transaksi kripto ritel usai perpindahan sejumlah investor ke Robinhood.

Robinhood juga merupakan aplikasi perdagangan yang dikenal dipakai banyak para trader saham ‘rumahan’. “Tidak ada penjelasan terkait potensi kerugian saham selain dari kekhawatiran atas tekanan regulasi, mengingat tindakan SEC terhadap kripto, atau kenaikan biaya perdagangan ritel di Coinbase,” tulis Dolev.

Catatan pergerakan harga saham Coinbase. (dok Bloomberg)

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS) atau  Securities and Exchange Commission (SEC) diketahui menggugat perusahaan. Coinbase dituduh memperdagangkan beberapa koin, yang sebenarnya merupakan sekuritas. Gugatan terjadi satu hari upaya yang sama ditujukan kepada platform perdagangan kripto, Binance Holdings Ltd.

Dolev memberi rating underperform pada perusahaan dengan target harga US$ 27, lebih rendah dan membuatnya jadi saham bearish menurut analis berfokus pada meliput Coinbase ini.